Jumat, 19 Juli 2019

RELAKSASI


DEFINISI.
Relaksasi adalah proses melepaskan ketegangan dan mengembalikan keseimbangan baik pikiran maupun tubuh. Teknik relaksasi sangat penting dalam mengelola stres. Karena stres dikenal untuk berkontribusi bagi perkembangan banyak penyakit, orang perlu penangkal pertempuran stres. Bahkan, relaksasi mungkin menjadi salah satu faktor yang paling penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Relaksasi yang profesional sangat penting untuk kesehatan dan disarankan terapis harus menggunaan teknik relaksasi untuk mengelola stress, stres tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari tetapi juga stres yang disebabkan oleh kondisi kesehatan tiap pasien. Teknik relaksasi dapat menguntungkan baik kesehatan psikologis dan fisik.

MANFAAT
  1. Mengurangi resiko penyakit tekanan darah tinggi (British Medical Journal): Teknik relaksasi akan menurunkan detak jantung sehingga lebih santai. Membuat peredaran darah lebih lancar dan lebih baik dalam mengeluarkan zat-zat sisa di dalam tubuh. Jika ingin menjaga kesehatan jantung, maka relaksasi adalah suatu kebutuhan wajib.
  2. Mengurangi ketegangan otot tubuh
  3. Mengurangi pengerasan jaringan pembuluh darah tubuh (American Heart Association Journal)
  4. Menambah energi dalam tubuh
  5. Meningkatkan kualitas tidur dan menghilangkan insomnia
  6. Meningkatkan daya tahan tubuh (setelah dilakukan selama 8 minggu)
  7. Meningkatkan konsentrasi
  8. Meningkatkan kemampuan menghadapi masalah
  9. Meningkatkan produktifitas dan efisiensi kerja
  10. Menjadi lebih tenang secara emosional saat rileks, Anda juga kan lebih tenang dan suasana hati lebih baik. Anda jadi lebih bahagia dan bisa mengendalikan amarah. Ini adalah salah satu manfaat mental dari relaksasi.
  11. Membantu mengurangi rasa nyeri (setelah dilakukan selama 10 minggu)
  12. Mencegah kerusakan sel tubuh sehingga tetap awet muda (Study University of California di San Fransisco, USA)
  13. Mengurangi biaya kesehatan dan kecelakaan (The American Institute of Stress)
  14. Mengurangi resiko serangan jantung hingga 30% dan kematian akibat penyakit jantung hingga 23% (American Journal of Cardiology)
  15. Mengurangi resiko depresi hingga 50%
  16. Efektif dalam menangani dan mencegah kasus kekerasan dan kecanduan
  17. Efektif dalam menangani kasus kecemasan dan panik berlebihan (University of Massachusetts)
  18. Stres, ini adalah manfaat utama melakukan relaksasi, melepas stres. Tubuh akan lebih tenang dan bisa mengontrol hormon stres ketika tubuh rilex atau santai. Anda jadi lebih terkendali dan menjaga kesehatan mental lebih baik.
  19. Kram otot: Relaksasi bisa merilekskan otot-otot Anda yang tegang setelah aktivitas padat yang melelahkan. Ini akan sekaligus bisa melancarkan peredaran darah dan mencegah kram otot saat olahraga.


TEKNIK RELAKSASI, 
Banyak teknik untuk melakukan relaksasi, antara lain:
1.       Teknik Relaksasi Tempat Favorit[1]:
Teknik Latihan Relaksasi Tempat Favorit dilakukan dalam urutan 4 tahap:
Pertama,  memperlambat pernafasan. Caranya: fokuskan perhatian Anda ke ujung hidung, kemudian fokuskan kepada keluar-masuknya nafas lewat hidung. Kemudian, tarik nafas panjang perlahan-lahan dan lepaskan perlahan-lahan lewat mulut. Lakukan 3-5 kali. Pertahankan senyum simpatik Anda.

Kedua, tempelkan ujung lidah Anda di langit-langit dan fokuskan perhatian Anda ke ubun-ubun. Lalu niatkan untuk relaksasi pikiran, badan dan jiwa Anda. Jangan lupa senyum simpatik Anda.

Ketiga, tutup mata, bayangkan dan rasakan Anda sedang berada di tempat favorit Anda. Bila di pegunungan, bayangkan Anda berada di pegunungan yang cerah, dingin, banyak pohon-pohon yang sejuk, lengkap dengan suara dan aroma pegunungan. Bila di pantai, bayangkan, rasakan pantai yang cerah, hangat, sepi dengan suara dan deburan ombak yang lembut. Selain pantai dan pegunungan, Anda bisa memilih tempat favorit Anda sesuai dengan pengalaman Anda sendiri. Jangan pilih Mall karena di sana terlalu banyak orang yang harus Anda bayangkan.

Keempat, sambil ‘berada’ di tempat favorit, bayangkan dan rasakan Anda melakukan  relaksasi: Mulai dengan me-rileks-kan otot kelopak mata, dengan mengatakan (dalam hati): “Sekarang otot kedua kelopak mata saya rileks”. Lanjut dengan otot muka, katakan:”Sekarang seluruh otot muka saya rileks”. Lanjutkan dengan otot leher, dengan mengatakan: “Sekarang otot leher saya rileks. Lalu otot bahu kanan dan kiri (dengan perintah yang sama). Bernafaslah dengan wajar seperti biasa.

Kemudian berturut-turut (dengan perintah yang sama):
  • ·         Relaks-kan otot-otot lengan atas Kanan
  • ·         Relaks-kan otot-otot lengan atas Kiri
  • ·         Relaks-kan otot-otot lengan bawah Kanan
  • ·         Relaks-kan otot-otot lengan bawah Kiri
  • ·         Relaks-kan otot-otot ujung jari


Anda masih ‘berada’ di tempat favorit anda. Dengan udara yang cerah, nafas makin lambat.
  • ·         Relaks-kan otot dada, turun ke perut
  • ·         Nafas diatur makin lambat, dalam dan teratur
  • ·         Relaks-kan otot tungkai atas kanan
  • ·         Relaks-kan otot tungkai atas kiri
  • ·         Relaks-kan otot tungkai bawah kanan
  • ·         Relaks-kan otot tungkai bawah kiri
  • ·         Relaks-kan otot kaki dan ujung-ujung jari sampai benar-benar rileks
  • ·         Anda kini merasa relaks seluruh otot dari ujung kepala sampai ujung kaki.
  • ·         Kalau seperti ini, akan merasa tenang, pikiraan jadi ringan badan jadi sehat.
  • ·         Sekarang ucapkan kalimat ini dalam hati:

“Sejak saat ini dan seterusnya, di tempat favorit ini, SAYA akan selalu fokus, nyaman dan relaks” Beberapa menit ulang lagi kalimat di atas dalam hati
  • ·         Rasa kan sensasinya di seluruh panca indera Anda
  • ·         Pada saat seperti ini, sesunguhnya gelombang otak (diukur dengan EEG[2]) Anda masuk dalam alfa stage  bahkan bila sudah sering Anda lakukan, bisa lebih dalam lagi (theta stage).

§  Untuk kembali Anda ke keadaan sebelum relaksasi (disebut betha stage) lakukan penghitungan maju dari satu ke lima dengan membuat kesepakatan pada diri sendiri, misalkan: Saya akan menghitung maju dari 1 ke-5, pada hitungan ke–5: saya bisa membuka mata dengan badan lebih segar, lebih rileks, lebih fokus, jiwa sadar penuh dan dipenuhi oleh sifat pengasih & penyayang  serta percaya diri.
§  Contoh penghitungaan maju (lengkapnya):
o   (sebut) SATU: seluruh otot saya kembali seperti sebelum latihan
o   Dua: pernafasan saya kembali seperti sedia kala
o   Tiga: mata saya mulai terbuka dan saya bisa senyum simpatik, enak
o   Empat: perasaan saya jadi sangat tenang dan ringan
o  Dan LIMA: saya bisa membuka mata dengan badan lebih segar, lebih sehat, lebih fokus, jiwa sadar penuh dan dipenuhi oleh sifat pengasih & penyayang  serta percaya diri.




[1]Tempat favorite adalah tempat, dimana Anda merasa nyaman, tenang, sunyi, aman. Bisa riel ataupun tempat khayalan. Tempat keramaian seperti Mall tidak dianjurkan.
[2]EEG atau elektroensepalografi adalah metode untuk merekam aktivitas listrik pada otak dengan cepat dan aman. Aktivitas simultan beribu-ribu neuron dalam otak bisa dideteksi dan direkam denganmenempatkan beberapa elektroda pada kulitdibagian kepala.

Tidak ada komentar:

New wesite

E-BOOK INTIREIKI 2023